Jumat, 26 Desember 2014

pengalaman pulang kampung ke kabupaten Lahat SumSel



Balek Dusun
                Saya akan bercerita berdasarkan pengalaman saya pulang kampung ke Sumatra Selatan tepatnya di Kabuoaten Lahat,
                Saya tinggal dicikarang, jadi saya berangkat dari naek bis dari terminal Bekasi. Kali ini saya menaiki bis Telaga Indah Armada TIA jurusan berkasi pagar alam dengan harga tiket Rp. 180.000 namun biasanya jika hari libur sekolah atau hari raya ongkos tiket bisa sampai Rp.300.000




                Bis yang saya naiki di terminal bekasi ini hanyalah bis engantar saja nanti bis yang mengantar saya hingga ke lahat adalah bis yang lain yang sudah menunggu di tanggerang tepatmya di PO cikokol
                Berangkat bis jam 10.00 WIB pertama bis singgah dikampung rambutan dan lalu diteruskan ke cikokol lalu singgah lagi di bitung tanggerang baru mulai berangkat menuju merak. Sampai merak jam 16.00 wib kemudian perjalanan dilanjutkan menggunakan kapal laut, perjalanan kapal laut sebenarnya waktu 2jam pun sudah sampai namun mungkin karna dermaga nya yang kurang jadi begitu akan tiba kapal harus bergantian untuk berlabuh dan ini makan waktu cukup lama hingga satu jam.









                Didalam kapal sudah tersedia segala kebutuhan dari toilet mushola , ruang tunggu berAC (namun kita bisa terkena biaya lagi) sampai ada juga hiburan orgen tunggal dan juga tempat penjual makanan.
                Kemudian bis keluar dari kapal jam 19.00 wib dan perjalanan pun dilanjutkan dengan bis, baru satu jam berjalan bis sudah berhenti dirumah makan Siang Malam Raja Basah Lampung. Di rumah makan ini kita bisa ketoilet dan juga bisa membeli makanan pastinya. Menurut pengalaman saya setiap bis penumpang yang akan kedaerah Sumatra yang melewati jalur Raja Basah pasti berhenti dirumah makan Siang Malam ini, entah mengapa mungkin karena rumah makan ini memiliki parker luas dan juga dari namanya juga sudah jelas “siang malam” berarti rumah makan ini buka 24 jam. Namun harga makanan dirumah makan ini lumayan mahal bagi saya, saya membeli baso dan tea hangat harganya Rp.19.000 dan ada juga yang lainya seperti makanan padang ada paket nasi babat Rp.25.000



                Setelah selesai makan dan lainnya perjalanan dilanjutkan kembali dengan perjalanan malam hari dan ini masih lama sampai ke daerah Lahat.
                Sekarang bis perjalan AKAP (antar kota antar provinsi) hampir semua menggunakan AC jadi saran saya jika balek dusun jangan lupa bawa selimut tebal atau sarung atau kain untuk menyelimuti tubuh dari dinginnya udara didalam bis karna dimalam hari AC tidak akan mati dan ini akan terasa dingin sekali sampai ke tulang. Namun tidak tahu juga untuk bis kelas exekutif dan patas apa mendapatkan selimut atau tidak tapi untuk kelas AC Ekonomi tidak mendapatkannya. Jadi jika tidak tahan dingin bawa saja selimut ini pasti sangat berguna.
                Jam 03.00 wib bis berhenti lagi dirumah makan yang sama rumah makan Siang Malam namun letaknya yang berbeda rumah makan kali ini bertempat didaerah Batu Raja Palembang. Dan jika ingin turun mau ketoilet atau makan lagi segeralah turun agar kita tidak tertinggal dengan bis.
                Perjalanan pun dilanjutkan tiba didaerah lahat pukul 09.30 wib dan apa yang jangan terlewat ialah pemandangan bukit telunjuk yang memang hanya ada di kabupaten lahat.
                Saya pun turun loket TIA cabang lahat dan bis pun melanjutkan perjalanan lagi ke daerah pagar alam entah sampai disana jam berapa karena saya juga belum pernah kesana, mungkin suatu saat nanti, saya pernah dengar disana daerahnya sangat dingin dan sejuk, ehmmmm penasaran saya…
                Perjalan saya lanjutkan ke daerah saya dengan menggunakan angkutan desa tujuna tebing tinggi karena saya akan ke daerah kikim timur tepanya didusun karang indah. Ongkos dari lahat ke tempat saya sebesar Rp. 15.000 namun setelah harga BBM naik ongkosnya naik juga jadi Rp. 20.000.
Begitulah perjalan saya pulang kekampung halaman saya. Salam sandi jeme dusun karang indah
















7 komentar:

  1. Ingat di sumbar kecil
    Mirip mirip kenangan balitaku

    BalasHapus
  2. Sekali sekali naik lantra jaya kmuni ceh mngke ade cerite naek mbel asli jme kite lahat . Dari loket lantra jaya kp.rambutan . Salam sandi jeme kite

    BalasHapus
  3. Rasanya kepingin silaturahmi ke lahat...besan orang lahat

    BalasHapus
  4. Besok saya me pulang ke muara enim

    BalasHapus
  5. Kak, berapa tiket dari pagar alam ke jakarta

    BalasHapus